Selasa, 12 Maret 2019

ARUH BANIH


Kecamatan Jaro terkenal dengan pertaniannya, hamparan padi menghijau akan mudah kita temui bila kita berada di wilayah paling utara dari Tabalong ini. Kini bukan hanya pertanian padi tapi berkembang juga dengan perkebunan buah melon, bawang merah serta lombok, ini semakin menegaskan bagaimana warga Jaro sangat lekat dengan dunia pertanian. Warga jaro memiliki cara sendiri dalam mengapresiasikan rasa syukurnya terhadap limpahan alam yang subur untuk pertanian yakni dengan menggelar acara Aruh Banih sebuah acara dengan aneka kegiatan seperti gropyok tikus.


Gropyok tikus adalah kegiatan menangkap tikus secara bersama-sama di sawah yang akan mulai ditanami padi, “petani akan turun kesawah mereka bergotong royong menangkap tikus agar nanti sawah yang ditanami padi bersih dari hama tikus. 


Sebelum gropyok tikus dimulai acara pembukaan disuguhkan aneka tarian dari tiga suku yang mendiami Kecamatan Jaro, tari kuda Gepang dari suku Jawa, Tari Gintur dari suku Dayak dan tari kurung kurung dari suku Banjar, atraksi bela diri kuntaw juga disajikan panitia untuk memeriahkan aruh banih. Aruh Banih yang diadakan di kaki gunung batu kumpai juga menyuguhkan wisata petik melon, petik cabe, edukasi pertanian dan wisata goa liang kantin.





Sumber-sumber:

1 komentar:
Write Comments
  1. Happy Weekend para member setia ARENADOMINO,
    kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua refrensi ,
    untuk kalian yang mau mencari situs poker online hanya dengan 1 USER ID KALIAN BISA BERMAIN DI BANYAK GAME ,
    kalian bisa bermain bersama ARENADOMINO,
    karena ARENADOMINO adalah situs yang terpercaya dan juga situs yang memberikan kalian semua bonus yang besar ,
    dan juga berapapun kemenangan yang kalian dapatkan akan di bayarkan lunas, Daftarkan diri kalian sekarang juga bersama ARENA-DOMINO.COM
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    WA : [+855]964967353
    Line: ARENA_01
    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus