Sabtu, 09 Maret 2019

BINGKA KACUNG





Bingka kacung adalah kue Khas kabupaten Tabalong yang berasal dari Kecamatan Kelua, kue ini sangat banyak ditemukan pada bulan Ramadhan, diluar bulan Ramadhan kue ini memang diperjualbelikan namun jumlahnya lebih sedikit dibanding dibulan Ramadhan. Kue ini yang bahan utamanya dari Kentang ini atau biasa disebut Bingka Kentang. Bentuk kue ini adalah segi enam dengan warna kecokelatan dan cara pembuatanya dengan dipanggang.
Nama Bingka kacung sendiri diperoleh dari kebanyakan pembeli yang menamakan kue ini, sedangkan kacung itu adalah nama orang/ pembuat kue ini. Oleh karena keseringan orang – orang menyebut bingka ini dengan diembel – embeli dengan nama pembuatnya, maka dari sinilah Nama Bingka Kacung itu diperoleh dan sampai sekarang kue ini masih diproduksi meskipun pembuat/ Kacungnya sudah meninggal Dunia. Pembuatan bingka kacung sekarang ini diproduksi oleh anak – anak beliau. Khusus untuk wilayah selatan Kabupaten Tabalong, hampir setiap ada pasar pasti ada dijual Kue Bingka ini, baik di Pasar Kecamatan Banua Lawas/ Pasar Arba dan juga dipasar – pasar kecil lainya.
Sebagai Informasi tambahan, selain Bingka Kacung/ Kentang, ada juga yang namanya Bingka Barandam. Bingaka Barandam/ Telor ini berbeda dengan Bingka Kacung, dari segi bahanya sudah berbeda yaitu kalau kacung menggunakan Kentang, sedangkan Barandam menggunakan Telor. Dari segi membuatnya juga berbeda kalau Kentang dibuat dengan dipanggang sedangkan Barandam dibuat dengan dikukus, jadi para penikmat kue ini sekiranya bisa membedakan mana yang namanya Bingka Kacung dan Bingka Barandam.

Tidak ada komentar:
Write Comments