Selasa, 12 Maret 2019

GOA LIANG TAPAH



Birunya air menandakan kejernihan dan kebersihan , keindahan air yang keluar dari celah bebatuan dalam goa batuan kapur yang ada di liang tapah,sehingga mengundang kita untuk segera mandi dan menceburkan diri kesini karena keindahannya itu.belum lagi jika kita menyusuri kedalam goa,keindahan ciftaan Tuhan dalam perut gunung ini,sungguh artistic tampilan stalaktit dan stalakmid dengan berbagai bentuk dan cicit burung wallet berbaur dengan suara kelelawar terbang dilangit-langit goa yang cukup luas dan berliku.
Konon dahulu sebelum tempat ini ditemukan,air dimuara goa ini adalah sebuah sendang tempat mandinya para bidadari sehingga dalam goa bisa dijumpai ornamen alam yg berupa altar tempat persembahan dan air yang jatuh dari ujung stalakmid dalam goa jatuh mengenai wajah dan disapukan merata pd wajah sambil membacakan dua kaliamat sahadat dipercaya akan menimbulkan aura positif pada diri.

Liang tapah sendiri berarti liang berarti rongga batu atau goa,sedangkan tapah adalah nama salah satu jenis ikan langka yang ada disungai daerah tersebut serta sungai-sungai dikalimantan.
Lokasi ini terletak di perkebunan karet warga Desa Garagata RT 5 kecamatan Jaro kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.berjarak sekitar 2 km dari kantor kecamatan Jaro 65 km dari kota kabupaten tabalong. Untuk menuju tempat tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4 hingga gerbang lokasi dan jalan kaki sekitar 500m atau sekitar 10 menit jalan kaki.

Tidak ada komentar:
Write Comments