Selasa, 12 Maret 2019

MAKAM SYEKH MUHAMMAD NAFIS



Syekh Muhammad Nafis dilahirkan dimartapura tahun 1148 Hijriah atau bertepatan dengan tahun 1735 Masehi dan meninggal di Kelua Kabupaten Tabalong tahun 1812 Masehi. Ia berasal dari keluarga bangsawan Banjar yang garis silsilah dan keturunanya bersambung hingga Sultan Suriansyah ( Raja Banjar Pertama yang memeluk Agama Islam ).
Sejak kecil Syekh Muhammad Nafis sudah mempunyai bakat dan Kecerdasan yang tinggi disbanding teman–teman sebayanya. Hal ini membuat Sultan Banjar tertarik dan mengirimnya ke Mekkah untuk belajar dan mendalami Ilmu Agama. Salah satu ilmu agama yang digeluti dan menjadikannya Populer adalah bidang Tasawuf, dari Ilmu tasawuf ini ia mendapat gelar “ syekh Al Mursyid “ suatu gelar yang menunjukkan bahwa ia diperkenankan mengajarkan Ilmu Tasawuf dan tarekatnya kepada orang lain.

Setelah itu ia pulang kampung ke Martapura Kabupaten Banjar pada tahun 1210 H/1795 M. Salah satu Kitab karangan Syekh Muhammad Nafis yaitu “ Ad – Durrun Nafis “ Kitab ini terkenal bukan hanya di Indonesia tapi juga sampai ke luar negeri dan banyak dipelajarai oleh Umat Islam diberbagai wilayah belahan dunia. Syekh Muhammad Nafis diperkirakan Wafat sekita tahun 1812 M, dan dimakamkan di Desa Binturu Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Tidak ada komentar:
Write Comments